10 March 2013

ai dan ubat.. berpisah tiada..


kemarin i ceta pasal trauma tulang blkg tu kan.. hr ni i nak ceta pasal 1 benda ni.. i dah jadi fobia nak jalan2 or lari2... sbb sejak 2 menjak ni hobi ai adalah jatuh.. sikit2 jatuh.. kejap2 jatuh.. xde angin xde ribut pun ai blh jatuh.. so skrg ni nasib i baik skit.. jatuh minggu lepas tak mendatangkan kepatahan kepada mana2 tulang ai.. syukur sangat... tp ada tpnya.. walaupun tulang x patah tp doc kata soft tissue injury.. tahap kritikal.. errrkk bahaya ke... doc kata x bahaya but kalau biar amat merbahaya.. erkkk

so dalam seminggu ni ai dah buat 12 kali xray hasilnya ok x de yang patah.. adui banyak lah sel2 ai yg mati... so kawan baik ai si azida tu kata ai kena makan makanan antioksidan tuk neutralkan balik sinar radioaktif tu... ai pun tanya dia nak makan apa... dia boleh jawab.. tanya pakcik n makcik google... aduiiii so dgn rendah hatinya ai pun menanya.. ingat apa lah makanan antioksidan tu.. lepas tanya pakcik dan makcik google tu... laaaaaaaa makanan dia sempoi je.. ada dalam dapur kita je... errrmmmm nak tau apa makanan antioksidan tu ni dia pakcik dan makcik google bg tau...

credit to http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=230860:8-makanan-antioksidan-di-sekitar-kita&catid=28:kesehatan&Itemid=48


8 makanan antioksidan di sekitar kita

Tahukah Anda bahwa ternyata mencari makanan kaya antioksidan tidaklah sulit, karena banyak makanan sumber antioksidan yang mudah ditemukan di sekitar kita?

Berikut ini ada 8 makanan yang ternyata merupakan sumber antioksidan yang baik bagi kesehatan Anda.

1. Pasta Gandum
Pada awalnya pasta gandum diyakini bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner karena kandungan seratnya yang tinggi, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut terbukti bahwa kandungan polifenol dalam pasta gandum tersebut yang paling berperan.

2. Popcorn

Penelitian mengungkap bahwa popcorn memiliki kandungan polifenol 4 kali lebih besar daripada pada buah-buahan. Ini menjadikan popcorn sebagai salah satu pilihan snack sehat Anda.

3. Telur
Telur kaya akan kandungan antioksidan yaitu lutein. Lutein berfungsi melindungi mata dari katarak dan mencegah kerusakan mata. Meski kandungan lutein pada telur jauh lebih kecil daripada pada bayam, tetapi lutein pada telur diserap tubuh 3 kali lebih efektif.

4. Kacang
Semua jenis kacang, memiliki kandungan polifenol antioksidan terutama senyawa asam p-coumaric. Zat ini secara langsung meningkatkan kadar antioksidan hingga 22%. Antioksidan di dalam kacang yang disangrai sama dengan antioksidan di dalam strawberry dan blueberry, bahkan melebihi apel, wortel, dan buah bit.

5. Yogurt
Satu cangkir yogurt memiliki kandungan riboflavin tinggi dan mampu mencukupi kebutuhan riboflavin harian Anda sebesar 25%. Meskipun bukan antioksidan, riboflavin berperan dalam menunjang tugas antioksidan. Jika kekurangan riboflavin maka, antioksidan tidak bisa menghancurkan radikal bebas secara utuh dalam tubuh kita.

6. Minyak canola
Minyak canola mengandung Alphatocopherol, yaitu antioksidan yang terdapat pada vitamin E. Di samping itu minyak canola menjadi sumber lemak tak jenuh tunggal, alfa-linolenat, asam lemak Omega-3 yang bisa digunakan sebagai pengganti mentega untuk mengurangi kadar kolesterol LDL dan melindungi kesehatan jantung Anda.

7. Susu
Susu mengandung carotenoid, beta-karoten, dan lutein. Ada baiknya jika Anda memilih susu dengan kandungan lemak yang lebih rendah, untuk mengurangi asupan lemak jenuh dalam tubuh Anda.

8. Pemanis Alami
Selama ini mungkin Anda hanya menggunakan gula sebagai pemanis makanan. Gula memang bisa memberikan rasa manis, tapi juga memicu lonjakan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, pemanis alami seperti madu akan meningkatkan kadar antioksidan yang diproduksi dalam tubuh Anda.


see i told u... semua nya ada kat dapur kita... harap2 lepas ni ai tau cam ne cara nak jaga kesihatan after kena xray


No comments:

Post a Comment